Blogger Widgets Welcome to My Blog: BAB VIIII. Manusia dan Tanggung Jawab

Jumat, 09 Januari 2015

BAB VIIII. Manusia dan Tanggung Jawab

9.1 Manusia dan Tanggung Jawab
  1. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian tanggung jawab
Tanggung jawab menurut kamus umum Bahasa Indonesia adalah, keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawab menurut kamus Bahasa Indonesia adalah berkewajiban menanggung, memikul jawab,mananggung segala sesuatunya, atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya. 
Pengertian tanggung jawab menurut saya adalah tugas dan kewajiban seseorang
b. Mahasiswa dapat menjelaskan makna tanggung jawab
    Makna tanggung jawab menurut saya adalah tugas dari suatu pekerjaan

9.2   Macam-macam tanggung jawab
      a.       Mahasiswa dapat menyebutkan jenis-jenis tanggung jawab
             Manusia berjuang untuk memenuhi kebutuhannya sendiri dan keadaan orang lain. Di dalam setiap kegiatan yang manusia kerjakan dibantu dengan kekuasaan yang di berikan Allah S.W.T. Berikut ini merupakan beberapa jenis tanggung jawab, yaitu :
1. Tanggung Jawab Terhadap Diri Sendiri
                Tanggung Jawab terhadap diri sendiri itu sangat perlu, karena untuk memenuhi kebutuhan dan mengembangkan kepribadian sebagai seorang manusia. Apa yang kita ambil itulah yang harus kita tanggung jawabkan dan kita sebagai manusia akan menerima resikonya sendiri. Contohnya: Raisa sedang memainkan handphone sambil berjalan. Meskipun dia sebentar-sebentar melihat ke jalan tetap ia pun lengah dan tertabrak mobil. Ia pun dibawa ke rumah sakit dan kata dokter ia harus istirahat penuh di rumah sakit. Konsekuensi harus istirahat penuh di rumah sakit meruapakan tanggung jawab penuh apa yang dia sendiri lakukan atas kelengahannya atau kecerobohannya memainkan handphone di jalan.

            2. Tanggung Jawab Terhadap Keluarga
                Keluarga merupakan masyarakat kecil. Di dalam keluarga, tiap-tiap anggota harus mempunyai tanggung jawab apalagi kepala rumah tangga (ayah) tanggung jawabnya lebih besar dari pada anggota-anggotanya. Contohnya: Di dalam sebuah keluarga, mereka pasti mempunyai peraturan yang mereka buat sendiri. Jika salah satu anggotanya salah atau tidak menaati peraturan yang telah dibuat, Ayah (kepala keluarga) berhak menegor atau memberi hukuman. Hukuman yang diberikan Ayah merupakan tanggung jawab terhadap kesalahan yang kita perbuat.

            3. Tanggung Jawab Terhadap Masyarakat
                Pada kenyataannya manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain, karena manusia merupakan makhluk sosial yang memang seharunya membutuhkan bantuan orang lain dengan cara berkomunikasi. Kita sebagai makhluk sosial harus bisa menjaga tali silahturahmi kepada orang lain. Contohnya: Raisa pintar semua mata pelajaran, dia juga tidak mengasih contekan kepada teman-teman sekelasnya. Raisa termasuk ke dalam golongan orang yang pelit tidak mau memberi contekan kepada teman-teman sekelasnya. Sebagai konsekuensinya yang dia lakukan terhadap teman-teman sekelasnya adalah ia di jauhi oleh teman-teman sekelasnya.

4. Tanggung Jawab Kepada Bangsa / Negara
                Tiap manusia, tiap individu merupakan warga negara. Dalam berpikir, berbuat, bertindak, dan bertingkah laku manusia itu sudah ditentukan norma-norma  oleh negara. Apa yang manusia lakukan atau berbuat itulah yang harus ia pertanggung jawabkan kepada negara. Kita sebagai warga Indonesia yang baik kita harus menjaga negara kita dengan baik tidak boleh menjelek-jelekan negara kita sendiri dan kita harus menambah prestasi-prestasi anak bangsa. Contohnya:


5. Tanggung Jawab Terhadap Allah
                Allah menciptakan manusia ke muka bumi bukanlah tanpa tanggung jawab, tapi melainkan untuk belajar bertanggung jawab apa yang umatnya lakukan terhadap Allah. Manusia tidak akan bisa lepas dari hukuman-hukuman yang sudah Allah tuangkan di dalam kita suci, jadi selama kita hidup di dunia ini kita harus bertanggung jawab penuh di akhirat nanti terhadap Allah S.W.T. Contohnya: Sebagai seorang muslim yang baik dia harus taat kepada agamanya maka disitulah ia bertanggung jawab penuh terhadap dirinya sendiri dan kepada Allah. Ia ingin menghindari hukuman yang akan diterimanya jika dia tidak taat pada ajaran agama. Kedua yang harus dilakukan oleh seorang muslim adalah ia harus bertanggung jawab atas amanah yang diberikan oleh Allah S.W.T dan menjauhi larangannya.

9.3 Pengabdian dan Pengorbanan
a.       Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian pengabdian
Wujud tanggung jawab juga berupa pengabdian dan pengorbanan. Pengabdian dan pengorbanan adalah perbuatan baik untuk kepentingan manusia itu sendiri.
Pengabdian
Pengabdian adalah perbuatan baik yang berupa pikiran dan pendapat sebagai perwujudan kesetiaan, atau suatu kesetiaan yang di lakukan dengan ikhlas.
Pengabdian itu ada hakekatnya yaitu rasa tanggung jawab. Apabila orang bekerja keras seharian penuh itu untuk mencukupi kebutuhannya. Lain halnya jika kita hanya membantu teman dalam kesulitan mungkin sampai berhari-hari itu bukan pengabdian, tetapi hanya sebuah bantuan saja.

b.      Mahasiswa dapat menyebutkan macam-macam pengabdian
Macam – macam pengabdian, yaitu:
1.       Pengabdian terhadap Tuhan yang Maha Esa,
2.       Pengabdian kepada masyarakat,
3.       Pengabdian kepada raja,
4.       Pengabdian kepada negara,
5.       Pengabdian kepada harta, dan
6.       Pengabdian kepada keluarga

c.       Mahasiswa dapat menuliskan 1 contoh pengabdian dalam kehidupan sehari-hari


       Contoh pengabdian menurut saya:
                “Di suatu desa terpencil ada seorang dokter, ia harus menempuh perjalanan kurang lebih 5 jam. Ia pun melewati sungai, bukit-bukit dan hutan yang tidak mudah untuk mengemban tugasnya sebagai seorang dokter di sebuah puskesmas terpencil yang bahkan tidak memiliki banyak pasien, namun dokter itu tetap mengajar meskipun harus melewati usaha yang berat dalam mencapai ke puskesmas tempat ia bekerja”

d.      Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian pengorbanan
Pengorbanan berasal dari kata korban yang berarti persembahan, sehingga pengorbanan berarti pemberian untuk menyatakan kebaktian. Dengan demikian pengorbanan yang bersifat kebaktian itu mengandung unsur keikhlasan yang tidak mengharapkan suatu imbalan maupun pamrih dari orang lain.
e.      Mahasiswa dapat menyebutkan macam-macam pengorbanan
Macam-macam pengorbanan ada 4, yaitu:
1.       pengorbanan harta benda
2.       pengorbanan pikiran
3.       pengorbanan perasaan, dan
4.       pengorbanan tenaga
f.        Mahasiswa dapat menyebutkan akibat dari pengorbanan
Menurut saya akibat dari pengorbanan adalah kita kehilangan apa sesuatu yang kita inginkan demi seseorang.
g.       Mahasiswa dapat menuliskan 1 contoh tentang pengorbanan
Contoh pengorbanan menurut saya:
“Andi ingin membeli sepatu tetapi andi tidak jadi membeli keinginanya, karena andi ingin  membelikan adiknya handphone tanpa memikirkan keinginannya sendiri. Andi ingin membelikan adiknya handphone tanpa memikirkan keinginannya sendiri itu termasuk pengorbanan seorang kakak terhadap adiknya”



Sumber:
1.       Tanggung jawab menurut kamus bahasa indonesia dan jenis-jenis tanggung jawab --> http://zaysscremeemo.blogspot.com/2012/06/pengertian-tanggungjawab.html
2.       Pengertian tanggung jawab --> Menurut pemikiran saya
5.       1 contoh pengabdian --> Menurut pemikira saya
8.       Akibat Pengorbanan --> Menurut pemikiran saya
9.       Contoh Pengorbanan --> Menurut pemikiran saya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar